Sejarah Desa Samudera Jaya

Sejarah Desa Samudera Jaya

SEJARAH

 Pilosofis

Samudera Jaya merupakan sebuah gabungan dua kata yang mengandung makna dan pilosofis yang sangat bereratan dengan letak geografis wilayahnya yaitu berbatasan langsung dengan pesisir pantai Samudera Indonesia.Kata Samudera Jaya di ambil dari dua kata yaitu “ SAMUDERA dan JAYA” “SAMUDERA” yang berarti lautan lepas yang luas menggambarkan bahwa daya pemikiran masyarakat harus seperti lautan dan kata “JAYA” berarti kekuatan yang abadi dengan demikian kata sebuah Samudera Jaya adalah sebuah desa yang harus mampu mempunyai cita-cita seluas lautan yang lepas dan mampu menjadi suatu pemikiran keinginan suatu pembangunan yang maju dan mandiri dan keinginan yang tercapai tersebut harus terus abadi dan terus dipertahankan.

Kronologis

Desa Samudera Jaya adalah sebuah desa pemekaran dari induk yaitu desa cimahi yang merupakan sebuah desa yang luas dan bagian yang paling dimanfaatkan luas tersebut oleh lahan pertanian, terbentang dari Samudera Indonesia sebelah selatannya dan sebelah baratnya menjadi beranda tapal batas dua Kabupaten yaitu berbatasan langsung dengan kabupaten cianjur.

Dengan demikian dengan luas wilayah yang sangat luas dan jumlah penduduk yang syarat untuk di mekarkan maka para tokoh mengadakan musyawarah dan pengajuan ke pemerintah kabupaten namun pada waktu itu kepepimpinan Agus Supriadi sebagai bupati, pemekaran cimahi belum di tanggapi secara serius.

Hampir sekitar empat tahun wacana pemekaran cimahi tersendat dan pada tahun 2009 pada waktu sebelum pemilihan bupati Garut baru mencuat kembali dan pada tahun 2010 pada waktu Bapak H.Aceng Fikri menjadi Bupati Garut,Cimahi resmi mekar.

Desa Samudera Jaya Berdiri pada tanggal 15 Januari 2010 Desa Samudera Jaya resmi sebagai Desa ke – 6 di Kecamatan Caringin,

Faktor Alasan yang terjadinya pemekaran sebagai berikut:

  1. Luas wilayah sangat luas.
  2. Jumlah penduduk cukup memadai dan syarat pada criteria.
  3. Percepatan pembangunan sangat lamban.
  4. Angka kemiskinan meningkat.
  5. Potensi sangat strategis dan Sumberdaya alam yang tersedia.

Tokoh tokoh pergerakan dalam pemekaran tersebut antara lain.

  1. Bapak Tatang Suparman (Tokoh Masyarakat dan Tokoh Politik)
  2. Bapak Asur Suryana ( Kepala Desa Cimahi)
  3. Bapak Ruhyat ( Mantan Kepala Desa Cimahi dan Tokoh Masyarakat)
  4. Bapak Tasman ( Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pendidikan)
  5. Bapak Maman dan Bapak Oon S.( Tokoh Masyarakat)

Penjabat Kepala Desa dan Kepala Desa terpilih

  1. Bapak Kusdimay, S.Sos.(Penjabat Sementara Masa bakti (2010-2012)
  2. Bapak Hendra (Kepala Desa terpilih masa bakti 2012-2018)
  3. Landasan Hukum Berdiri Desa Samudera Jaya
  4. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2007 tentang Desa;
  6. Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pembentukan Desa Samudera Jaya di Wlayah Kecamatan Caringin;
  7. Surat Keputusan Bupati Kabupaten Garut 141.1/Kep.19/BPMPD/2011. Tentang pengangkatan Bapak Kusdimay, S.Sos.(Kasi Kesra Kecamatan Caringin) sebagai Penjabat Sementara Kepala Desa Samudera Jaya;
  8. Surat Keputusan Bupati Kabupaten Garut Nomor 141.1/Kep     /BPMPD/2011 tentang Pengangkatan BPD Desa Samudera Jaya.
  9. Pemilihan Kepala Desa Samudera Jaya pertama tanggal 14 Maret Tahun 2012;
  10. Surat Keputusan Bupati Kabupaten Garut Nomor 141.1/Kep 139/BPMPD/2012 tentang Pemberhentian Penjabat Kepala Desa dan Pengangkatan Kepala Desa terpilih Depinitif Desa Samudera Jaya.